Belajar PHP Bagian 2: Script Pertama

Belajar PHP Bagian 2: Script Pertama

Halo dengan Anggi Andriyadi disini, melanjutkan belajar PHP bagian 1, pada Bagian 2, kita akan belajar bagaimana menulis script PHP yang baik dan benar. Sama dengan bahasa pemograman lainnya, PHP juga memiliki Bracket Pembuka dan Penutup, di PHP Contohnya seperti berikut:

<?php

//*Skrip PHP anda Disini *//

?>

Selalu dingat, ketika anda memulai kode PHP, harus membuka dengan open-close bracket diatas. sekarang untuk mencoba script pertama, silahkan aktifkan XAMPP anda, lalu buka Code Editor favorit anda. Saya, menggunakan NOTEPAD++, karena gratis dan tidak terlalu besar saat didownload.

di Code Editor anda, tuliskan script berikut:

<?php

echo "hello world";

?>

Klik Save As, lalu simpan di Drive XAMPP anda. Secara default, terinstall di C://xampp. Jika sudah ketemu simpan di C://xampp/htdocs/. simpan dengan nama latihan1.php. kenapa harus di htdocs? karena folder tersebut adalah destinasi dimana server membaca kode anda. Selanjutnya, buka browser ketikkan http://localhost/latihan1.php, akan tampil tulisan hello world di browser anda.

dari script pertama diatas, echo adalah script untuk memberi perintah ke server untuk mencetak/memanggil dokumen yang berada di area kuotasinya “…..”. Jangan lupa, setiap kode ditulis harus diakhir dengan semicolon atau titikkoma ( ; ).

Anda bisa menulis nama/dokumen apapun di area kuotasi echo, bahkan anda menyisipkan kode HTML diantara PHP. Berikut kodenya.

<?php 

echo "<h1><b>hello world</b></h1>";
echo "<h2><b>hello world</b></h2>";
echo "<h3><b>hello world</b></h3>";
echo "<h4><b>hello world</b></h4>";

?>

simpan kode tersebut dengan latihan1.php, refresh dan lihat tampilannya yang baru.

Mudah bukan? untuk anda ketahui PHP adalah bahasa pemograman yang mudah dipahami. Hanya butuh ketekunan, maka anda dalam waktu 3 bulan sudah bisa mempelajari dasar PHP. Demikian tutorial Bagian 2, silahkan melanjutkan ke Bagian 3.

~ Anggi

Leave a Reply

Close Menu