Belajar PHP Bagian 3: Variabel

Belajar PHP Bagian 3: Variabel

Hi, Anggi Andriyadi disini. di blog belajar PHP bagian 3 ini, kita akan membahas tentang variabel, yang merupakan elemen terpenting di semua bahasa pemograman. Variabel adalah sebuah script untuk menampung dan menyimpan sebuah nilai, untuk nanti dikirimkan dan dieksekusi oleh susunan script perintah yang kita buat.

Jika mau dibayangkan Variabel itu seperti baskom yang anda isi nilainya dengan air. Lalu air tersebut dibawa kedalam panci untuk dimasak menjadi air matang. disetiap bahasa pemograman, simbol variabel memiliki penulisan yang berbeda-beda. Untuk PHP, simbol variabel menggunakan simbol $nama_variabel. contohnya:

<?php

$nama = "anggi andriyadi";
$jeniskelamin = "laki-laki";
$umur = 32;

?>

Untuk membuat sebuah variabel, ada aturan yang harus anda ikuti. untuk nilai bilangan bulat atau pecahan (integer) nilai ditulis tanpa menggunakan “quotasi” untuk bilangan string (abjad, huruf) menggunakan “quotasi”. Contohnya:

<?php

$nama = "scott stapp";
$jurusan = "ilmu komputer";
$umur = 19;
$ipk = 3.5;

echo $nama.'</br>';
echo $jurusan.'</br>';
echo $umur.'</br>';
echo $ipk;

?>

Simpan kode tersebut dengan nama latihan2.php, kemudian jalankan ke localhost. Amati hasilnya, Echo akan memanggil semua nilai yang ada di masing-masing variabel.

Demikian pengenal tentang variabel, semoga membantu dan mencerahkan. Jika ada pertanyaan bisa meninggal komentar dibawah.

~ Anggi

Leave a Reply

Close Menu